BERITA PPID
PORKOT Ajang Pembibitan Atlet Kota Wisata Batu

Pekan Olahraga Kota (Porkot) Batu mulai digelar resmi dibuka pada senin pagi (22/10). Ada 18 cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan. Ajang tahunan tersebut dihelat untuk mencari bibit-bibit atlet Popda (pekan olahraga pelajar dan pemuda) serta Porprov (pekan olahraga pelajar provinsi) yang akan mewakili Batu.

“Pekan Olah Raga ini merupakan ajang pembibitan” Kata Walikota Batu Eddy Rumpoko, menurutnya Porkot ini merupakan kesempatan besar untuk mengharumkan nama daerah masing-masing.

Kedepan pemerintah Kota Wisata Batu, menurut ER sapaan akrab Eddy Rumpoko juga membuat pendidikan Olah Raga ditingkat sekaloh untuk mencari bibit-bibit unggul Olah Raga di Kota Wisata Batu. Menurut orang nomer satu dilingkungan Pemkot Batu, prestasi lebih akan hebat jika dilakukan dengan jujur dan sportif baik dilakukan oleh atlet, official, maupun wasitnya.

Dalam Porkot III yang semarak dibuka Stadion Brantas itu setidaknya diikuti oleh 800 atlet yang terdaftar mengikuti Porkot Batu. Mereka berasal dari 3 kecamatan di Kota Batu, yakni Bumiaji, Batu, dan Junrejo. Semua atlet maupun official mengikuti upacara pembukaan di Stadion Brantas dipimpin masing-masing camat sesuai dengan daerahnya masing-masing. Selain para atlet, perangkat pertandingan mulai wasit dan panitia juga hadir dalam upacara.

Dari catatan Koni Kota Batu Kecamatan Batu mengirim 369 atlet dengan mengikuti 18 cabang olah raga, kecamatan Bumiaji mengirimkan 267 atlet dengan mengikuti 17 cabang olah raga, sedang kecamatan Junrejo mengirimkan 192 atlet dengan mengikuti 16 cabang olah raga. Dalam Porkot tahun ini, Koni menyiapkan 101 mendali emas.

Sementara itu menurut Didik Machmud, cabang olahraga yang dilombakan beraneka macam mulai renang, selam, atletik, tenis meja, tenis lapangan, catur, bridge, wushu, bulu tangkis, karate, pencak silat, taekwondo, basket, voli, sepak bola, sepak takraw, balap sepeda dan panahan. Lokasi pertandingan disebar di sejumlah tempat yang ada di kota dingin itu. Misalnya untuk renang akan di pusatkan di wilayah Songgoriti, Kecamatan Batu, catur di wilayah Punten, Kecamatan Bumiaji, sedang tenis dan panahan di Pendem dan Junrejo.

 
OVERLAY FORM